La Tinro: Enrekang Kaya Figur Pemimpin

Posted: 10 Juni 2012 in Tak Berkategori

ENREKANG, FAJAR — Enrekang baru akan menggelar pesta demokrasi Agustus 2013 mendatang. Akan tetapi, tensi politik seolah pilkada sudah di depan mata. Sedikitnya 15 kandidat meramaikan bursa kosong satu di bumi massenrempulu itu.

Riuh politik jelang pilkada di Enrekang tidak terlihat di daerah lain. Padahal  Kota Parepare, Sidrap dan Pinrang, akan menggelar pemilihan serentak dengan Enrekang. Kota Enrekang saat ini seperti terguyur baliho. Atribut bakal calon (balon) tersebar merata. Bahkan, sudah mulai terlihat dari jalan poros perbatasan Sidrap-Enrekang, serta Enrekang-Toraja.

Enrekang bukan hanya kaya baliho saat ini, tapi memang kaya figur. Dari kelompok politikus sudah mencuat nama seperti Ketua DPRD Enrekang, Andi Natsir, Wakil Ketua DPRD, Mustamin Amir dan legislator Makassar, Rahman Pina.

Dari birokrat ada Sekkab Enrekang, HM Amiruddin, Kadis Sosial Sulsel, Suwandi Mahendra dan Kepala DPPKAD Enrekang, Chairul Latanro. Sementara dari kalangan pengusaha ada nama Saleh Rahim, Makmur Latanro dan lainnya.

Selain itu, sudah dua birokrat akan memilih jalur perseorangan. Mereka adalah Kadiskes Enrekang, M Yamin dan Asisten III, Imran Mazmur. Khusus untuk Ketua DPD PAN Enrekang, Muslimin Bando dan Wabup Nurhasan yang digadang-gadang ikut bertarung sampai saat ini belum terang-terangan.

Bupati Enrekang dua periode, Haji La Tinro La Tunrung mengaku bangga lantaran Enrekang tidak kekurangan figur pemimpin. Dalam gelaran silaturahmi dengan keluarga besar Himpunan Kerukunan Masssenrempulu (HIKMA) Kalimantan Timur (Kaltim) di rujab bupati, dia menyampaikan apresiasi tersebut sebagai bukti Enrekang kaya figur pemimpin masa depan.

“Saya tidak khawatir karena Enrekang tidak kekurangan pemimpin. Saya hitung-hitung sudah 15 figur yang siap maju. Dibanding daerah lain berarti kita memang lebih siap,” kata La Tinro.

Jumlah itu akan terus bertambah lantaran sejumlah figur yang potensial saat ini belum memang atribut mereka. Dia hanya meminta pada seluruh figur yang menyatakan siap maju tersebut untuk bertarung secara fair. Suasana kondusif Enrekang menurutnya hal yang wajib dikedepankan dalam pilkada ini.

La Tinro sendiri mengaku menyerahkan sepenuhnya pada msayarakat memilih pemimpin terbaik untuk Enrekang lima tahun ke depan.

Ketua KPU Enrekang, Usman Abdullah yang dikonfirmasi menjelaskan seusai aturan, sepanjang kandidat mendapatkan dukungan partai yang cukup mereka diperkenankan ikut bertarung. (nur/ysd)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s